Sunday 4 August 2013

Warga Desak Gedung Laboratorium SMAN I Makarti Jaya Segera Dibangun

PANGKALANBALAI, Buanasumsel.com – Akibat terus didesak para wali murid SMA Negeri I Kecamatan Makarti Jaya mengenai banguan Laboratorium IPA yang roboh akibat diterjang angin puting beliung yang disertai hujan deras (17/5/12) lalu, akhirnya Kepala Sekolah SMAN I, Drs Tumino melalui Ka UPTD Diknas Kecamatan melayangkan surat ke Kantor Kementrian Pendidikan Pemkab Banyuasin agar bangunan yang luluh lantah itu segera untuk dibangun. Pasalnya, gedung tersebut sangat penting untuk menunjang jalannya proses belajar mengajar siswa khususnya jurusan IPA.

Dengan robohnya banguan Lab IPA tersebut kini SMN I Makarti Jaya kesulitan terutama bagi siswa IPA untuk melakukan kegiatan belajarnya. Dalam peritiwa robohnya gedung tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugioan materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dan insiden tersebut terjadi pagi dini hari menjelang Sholat Subuh yang tiba-tiba saat itu ada hujan deras yang disertai angin puting beliung yang akhirnya bangunan tahun 2001-2002 itu hancur porak poranda, jelas Kepala Sekolah, Tumino kemarin (7/6) via ponselnya.

Tumino mengaku sedih dengan ambruknya bangun itu, karena tidak ada tempat lain untuk melakukan kegiatan siswanya, sementara ruang lain tak mungkin rasanya untuk kegiatan terkait dengan perangkat Lab IPA ini. Dan masyarakat khususnya para wali murid terus mrendesak agar gedung Lab IPA itu segera dibangun, terang Tumino yang penuh berharap.

Kepala Diknas Pemkab Banyuasin H Darul Qutni Said saat dikonfirmasi melalui Kabidik Lanjutan Hery Amirul, SPd, MM membenarkan adanya laporan Kepala Sekolah melalui Ka UPTD Diknas Kecamatan Makarti Jaya ada gedung Lab IPA di SMAN I roboh diterjang angin puting beliung, dengan robohnya gedung tersebut jelas sangat mengganggu aktipitas belajar khususnya bagi siswa IPA di sekolah itu. Kata Hery, memang kalau sekolah itu milik bidang kami, tetapi mengenai bangunannya itu yang tepat konfirmasi langsung ke Program, Pintanya.

Kabid Program Diknas Banyuasin, Sirajuddin melalui Kasi Prodik, Basuni, SPd, MM membenarkan adanya peritiwa alam yang meroboh salah satu bangunan di SMAN I Makarti Jaya, Dan pihaknya sesuai dengan nota dinas Ka Diknas bahwa mencari solusi, sehingga bangunan yang roboh itu untuk segera dibangun kembali karena dipandang perlu tetapi di Diknas tidak ada dana yang untuk anggaran itu, namun akan terus berupaya sehingga bangunan itu cepat dibangun paling cepat pada APBD Perubahan 2012 ini atau mungkin pada APBD 2013 mendatang, jelasnya.

Secara terpisah, Sekretaris Komisi III DPRD Banyuasin,Arisa Lahari, SH saat diminta kementarnya membenarkan kejadian itu dan kejadian itu termasuk benacana alam serta bangunan yang roboh dan rusak itu sangat perlu dibangun, sebab di sekolah itu sarana ruang terbatas dan tidak mungkin akan menggunakan ruang lain. Maka satu-satunya jalan harus segera dibangun kembali bangunan itu.

Daeng yang diakraf disapa ini berusaha keras memperjuangkan agar banguan yang rusak akibat disapu angin puting beliung kembali berdiri dan meminta kepada pihak Diknas segera mengusulkan pada APBD Perubahan tahun ini, sehingga pada tahun pelajaran 2012/2013 para siswa dan guru IPA khususnya tidak disusahkan, Daeng berjanji siap mengawal segera dibangunnya gedung Lab IPA di SMAN I itu, karena selain dikomisi yang membidanginya juga lokasi itu merupaka Dapil yang mengantarkan dirinya menuju kursi wakil rakyat Banyuasin, terang Sekjen PDI Perjuangan ini.(waluyo)

Filed Under: Peristiwa

No comments:

Post a Comment